Aparat TNI – Polri Dan Warga Padamkan Api Kebakaran Hutan di Nuhon

  • Whatsapp

DIKTENEWS, Nuhon – Aparat TNI Koramil 1308 – 02 Bunta bersama Polsek Nuhon dan warga setempat berjibaku memadamkan api dilokasi kebakaran hutan di Desa Bangketa dan Batu Hitam, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Danramil Bunta Kapten Inf. Darta Tasiabe di konfirmasi awak media via telepon Kamis (29/8) membenarkan peristiwa kebakaran hutan yang melanda dua desa tersebut.

Aparat bersama warga berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran hutan
[Foto : Koramil 1308-02 Bunta]

“Kebakaran mulai terlihat pertama kali pada Rabu malam (28/8) pukul 20.00 Wita di wilayah hutan Desa Bangketa dan Desa Batu Hitam,” ujar Darta.

Lanjut Darta, Babinsa dan anggota Polsek bersama warga saat itu, berduyun – duyun menuju titik kebakaran untuk memadamkan api hinggah ke esokan harinya.

Ada dua titik api yakni di Desa Bangketa berada di belakang pemukiman penduduk berjarak 3 Kilometer, dan titik api kedua berada di Desa Batu Hitam.

“Di perkirakan luas lokasi kebakaran mencapai 50 sampai 100 hektar karena apinya menjalar,” terangnya.

Usaha pemadaman api kata Darta, hanya menggunakan cabang pohon serta dedaunan, dan juga alat semprot pertanian.

Api yang perlahan – lahan menjalar dari atas gunung mengakibatkan juga tanaman pohon kelapa milik warga hangus terbakar di atas lahan seluas dua hektar.

“Kurang lebih 3 ratus tanaman pohon kelapa milik warga di Desa Batu Hitam hangus terbakar bagian bawahnya,” bebernya.

Api yang berusaha di padamkan aparat TNI/Polri bersama warga itu, sempat mengalami kesulitan di sebabkan angin dan titik tertentu yang sulit di jangkau.

Namun begitu, lanjut Darta, api berhasil di kuasai dengan usaha bersama yang terus di lakukan di lokasi kebakaran.

Ia menambahkan, akibat kebakaran ini, arus lalu lintas diporos transsulawesi atau di sekitar kawasan kebakaran, sempat terganggu adanya asap kebakaran.

Belum di ketahui pasti, penyebab kebakaran. Namun begitu api sudah berhasil di jinakan, dan aparat masih terus berjaga – jaga di sekitar lokasi kebakaran.*

(Zulkifly)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *