Karhutlah Tak Kunjung Padam, Dandim 1308/LB Bersama Wabup Banggai Turun Tangan Padamkan Api

  • Whatsapp

DIKTENEWS, Nuhon — Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo bersama Dandim 1308/LB Letkol. Inf Nurman Syhareda, SE Senin (2/9) turun lansung di lokasi kebakaran hutan dan lahan (Kathutlah) yanv terjadi di Desa Batu Hitam, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Di ketahui kebakaran hutang dan lahan (Karhutlah) saat ini, semakin meluas ke wilayah Desa Balingara hinggah Kabupaten tetangga Tojo Una – Una (Touna).

Menurut Dandim 1308/LB Letkol. Inf Nurman Syahreda, SE upaya pemadaman api terus di lakukan oleh sejumlah tim gabungan TNI,Polri,BPBD, bersama Pemerintah setempat dan masyarakat.

Di antaranya sebut Dandim anggota Kodim 1308/LB anggota Koramil 1308-02 Bunta, anggota Polsek Nuhon, BPBD Kabupaten Banggai dan masyarakat Desa Bangketa dan Batu Hitam serta warga masyarakat Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una – Una sejumlah 60 orang.

Lanjut Dandim upaya pemadaman api dilakukan manual, dengan cara membuat jalur pemisah sepanjang jalur api agar tidak merembet lagi, sambi menyemprotkan air menggunakan air tangki penyemprot hama.

“Alat yang digunakan yaitu tangki semprot racun rumput, parang dan mesin chainshaw,” ujarnya.

“Saat ini beberapa titik api kata Dandim sudah berhasil di padamkan, hanya saja masih ada percikan api karena tiupan angin. Di khawatirkan akan menimbulkan kebakaran ulang,” tambahnya.

Orang nomor satu di lingkup Kodim 1308/LB menghimbau kepada masyarakat agar tetap selalu mengontrol titik api yang berada di sekitar.

“Jika melihat sumber api, ia berpesan agar dapat segera di padamkan agar tidak menjalar yang mengakibatkan kebakaran besar,” imbuhnya.

Upaya memadamkan api di lokasi Karthutlah oleh Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo bersama Dandim 1308/LB Letkol. Inf. Nurman Syhareda, SE mengajak tim dan seluruh masyarakat untuk melaksanakan Sholat Istiqosa (sholat minta hujan), secara berjamaah di Mesjid Desa Balingara, Kecamatan Nuhon.*

(apri)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *