Empat Rumah Warga Di Kelurahan Soho Hangus Terbakar, Toko Rudy Jaya Elektronik Ikut Terdampak

  • Whatsapp

DIKTENEWS, Luwuk — Sedikitnya empat rumah warga di Jalan Sungai Lobu Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah hangus terbakar. Kebakaran hebat yang melanda pemukiman warga itu terjadi pada Selasa malam (26/11) sekira pukul 19.00 Wita.

Pihak Kepolisian menyebutkan, empat rumah warga hangus terbakar yakni milik Ibu Ati Ruitan, Ibu Vivi Agama, Ibu Uli Pamolango dan Ibu Norma. Diduga sumber api berasal dari rumah Ati Ruitan yang menggunakan lampu botol sumbu karena listrik tengah padam bergilir yang diletakan didinding bagian dapur dan terjatuh.

Api kemudian membakar dinding rumah berbahan kayu dan beratapkan rumbia miliknya, lalu dengan cepat menjalar ke rumah warga sekitar. Tiupan angin membuat api semakin membesar hinggah merembet ke rumah warga sekitar milik Ibu Boki Agama, Ibu Vivi Agama dan Ibu Uli Pamolango.

Tampak titik api di lantai 4 (empat) toko Rudy Jaya Elektronik berhasil dipadamkan diduga percikan api berasal dari kebakaran di Jalan Sungai Lobu Kelurahan Soho
[foto : diktenews.com]

Warga sekitar yang berupaya memadamkan api dengan alat seadanya sempat kewalahan karena api yang semakin membesar dikarenakan juga faktor angin. Hinggah akhirnya tiga unit mobil damkar dan satu unit mobil tangki suplay air tiba di lokasi kejadian sekira pukul 19.25 Wita dan langsung memadamkan api dibantu warga serta aparat Kepolisian.

Usaha memadamkan api terus dilakukan, kurang lebih satu jam setengah atau sekira pukul 20.25 Wita, secara keseluruhan api berhasil dikendalikan. Namun begitu mobil pemadaman kebakaran masih tetap siaga di TKP mengantisipasi material bangunan rumah yang belum dipadamkan.

Diduga percikan api kebakaran di Soho Toko Rudy Jaya Elektronik Ikut Terdampak Kebakaran

Sementara di waktu hampir bersamaan atau sekitar pukul 19.50 Wita, Toko Rudy Jaya Elektronik berada di Jalan Samratulangi, Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk ikut terbakar. Diduga api berasal dari percikan api kebakaran yang terjadi di Jalan Sungai Lobu berjarak kurang lebih sekitar 300 meter.

Pertama kalinya titik api terlihat dilantai 4 (empat) toko, yang saat itu tanpa penghuni dan listrik tengah padam bergilir. Sontak warga sekitar yang kaget mengetahui adanya api, berusaha memadamkan, dari rumah yang berdekatan dengan Toko Rudy Jaya.

Menggunakan alat seadanya berupa ember dan air dari tempat penampungan (tandom) dirumah tersebut, dua anggota TNI dibantu warga, berusaha menyiramkan air ke titik api yang membakar tumpukan material kayu bekas yang lapuk dan kering.

Pemilik Toko Rudy Jaya Elektronik Ronny Sampe yang sudah berada ditokonya bersama karyawanya membantu aparat Kepolisian memadamkan api, turut dua unit mobil damkar yang memadamkan api dari halaman Mapolsek Luwuk dan akhirnya api berhasil dipadamkan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang sempat menyita perhatian warga Luwuk ini. Namun begitu kerugian material kebakaran, empat rumah di Jalan Sungai Lobu, Kelurahan Soho diperkirakan sekitar Rp. 500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah).

Sementara Toko Rudy Jaya Elektronik yang terdampak kebakaran tidak mengalami kerugian ataupun adanya korban jiwa. Dimana api hanya membakar sisa potongan kayu yang ada di lantai 4 (empat) toko tersebut.*

(zoel)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *