Berita

Antisipasi Dampak La Nina, Polres Banggai Gelar Apel Konsolidasi

Zulkifly Mangantjo
612
×

Antisipasi Dampak La Nina, Polres Banggai Gelar Apel Konsolidasi

Sebarkan artikel ini

DIKTENEWS, LUWUK — Polres Banggai melaksanakan apel konsolidasi dalam rangka antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Banggai, di lapangan Mapolres Banggai, Jumat pagi (6/11).

Kegiatan dihadiri Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto, SIK MH, PLT Bupati Banggai Ir. Abdullah, Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, pejabat utama Polres Banggai, Asisten II Pemda Banggai Drs. Alfian Djibran, Danki Senapan C dan Danpos AL Letda Laut Dwi P serta sejumlah OPD Banggai.

PLT Bupati Banggai Ir. Abdullah, yang bertindak selaku Insperktur Upacara, pada kesempatan itu, membacakan sambutan Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs. Abdul Rakhman Baso,SH.

Dalam amanat itu, Kapolda Sulteng mengatakan, dalam menghadapi kerawanan dan potensi bencana disebabkan faktor alam atau non alam, perlu kesiapsiagaan dari pemerintah serta unsur terkait dan seluruh warga masyarakat.

Baca Juga :  Sulianti Murad - Zainal Abidin Ali Hamu Menuju Pilkada Banggai 2020

“Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan apel konsolidasi dalam rangka penanggulangan bencana tahun 2020, sekaligus mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana alam di wilayah sulawesi tengah” ujarnya

Mantan Kapolrestabes Bandung Jawa Barat ini juga mengatakan informasi dari badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) terkait datangnya badai La Nina di akhir tahun 2020 ini diprediksi akan terjadinya intensitas curah hujan yang tinggi dan angin kencang.

“Yang berdampak terjadinya curah hujan yang tinggi, bencana banjir, cuaca ekstrim, dan longsor, untuk itu perlu kewaspadaan dari kita semua,” ucapnya

Untuk itu, Irjen Rakhman Baso juga mengharapkan kepada seluruh peserta apel agar selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai (DAS), wilayah pantai maupun yang tinggal di wilayah perbukitan untuk selalu waspada dan siaga, serta sudah membuat perencanaan- perencanaan awal dalam pelaksanaan evakuasi mandiri, untuk menghindari resiko korban jiwa maupun harta benda.

Baca Juga :  Demi Keadilan Pembangunan, Sukri Djalumang Ajak Masyarakat Dapil III Menangkan AT-FM

“Saya berpesan kepada seluruh peserta apel, agar segera mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang siap operasional dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta laksanakan tugas kemanusiaan ini dengan penuh integritas, tulus, ikhlas dan loyalitas serta tanggungjawab,” pungkas Pati berpangkat bintang dua di Polda Sulteng ini.*

(zoel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!