Vaksinasi Covid 19 Tahap II di Balut Masih Berlanjut

  • Whatsapp

BALUT,DIKTENEWS.COM —Vaksinasi Covid -19 tahap II yang telah dijadwalkan Oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Banggai Laut pada pekan kedua bulan dengan menyasar TNI/POLRI, pegawai OPD dilingkup Pemda Balut, BUMN, BUMD dan para guru itu, telah dilaksanakan selang 3 hari kemarin, dimulai dari Senin hingga Rabu.

Kegiatan Vaksinasi tersebut dipusatkan di 2 fasilitas kesehatan (faskes) yang tersedia, dengan menggunakan Puskesmas Banggai di Kecamatan Banggai dan Puskesmas Adean di Kecamatan Banggai Tengah.

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik meski target kuota yang ditentukan belum tercapai dan rencananya akan dilanjutkan kembali. Hal itu dikatakan Kepala Seksi Survilans dan Imunisasi, Amrin Madolan, SKM saat dikonfirmasi awak media ini (10/03/2021).
“kegiatan vaksin sudah kita lakukan, berjalan sesuai yang dijadwalkan diminggu kedua bulan ini. Prosesnya berjalan lancar meski kuota jumlah yang divaksin belum tercapai. Masih ada beberapa yang belum divaksin. Termasuk beberapa pejabat teras dilingkup Pemda Balut. Rencana kita akan lanjutkan,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Amrin menjelaskan proses vaksinisi tahap II di 2 Puskesmas dengan hasil, pada Puskesmas Banggai 86 orang target, divaksin 61 orang dengan vaksin terpakai 7 vial. Untuk Puskesmas Adean 80 orang target, divaksin 65 orang dengan vaksin terpakai 7 vial. Total vaksinasi tahap II 126 orang, dari target 166 orang, adapun sisa vaksin tidak terpakai 4 vial untuk 40 orang.
“Untuk PKM Banggai target kita 86 orang , yang berhasil divaksin 61.Terus untuk PKM Adean target kita 80 orang yang divaksin baru 65 orang. Jumlah vaksin terpakai 14 vial dari jumlah total yang divaksin,”jelasnya.

Ia menyatakan beberapa lembaga lintas sektor secara keseluruhan telah berhasil melakukan vaksinasi tahap II seperti Kejaksaan Negeri Banggai (Kejari Banggai) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dia juga menyebutkan sudah sebagian besar Kepala OPD, dan anggota POLRI yang telah divaksin.

Namun begitu diakuinya bahwa pihaknya akan tetap mengevaluasi dan melanjutkan kegiatan vaksinasi tersebut guna memenuhi target dijatakan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI.
“Kejari Banggai dan BPJS sudah tuntas seluruhnya untuk vaksinasinya, ada juga sebagian kepala OPD dan juga dari POLRI. Tentunya kami berterima kasih untuk partisipasinya. Pastinya kita tetap akan mengevaluasi jalannya agenda vaksinasi pada tahap II ini dan melanjutkan kegiatannya nanti,” tuturnya.

Ditambahkanya, untuk para guru saat ini belum terkonfirmasi untuk divaksin, karena masih menunggu rill dan rampungnya data melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Sementara vaksinasi bagi lanjut usia (lansia) saat ini baru diberlakukan ditingkat Provinsi dan untuk tingkat Kabupaten/ Kota menunggu pemberitahuan selanjutnya.
“Bagi guru memang belum sama sekali, kita menunggu konfirmasi instansi teknisnya. Kalau untuk lansia baru diberlakukan ditingkat provinsi, kita menunggu pemberitahuan lanjut nantinya,” terangnya.

Diakhir tanggapanya, Amrin mengajak partisipasi masyarakat untuk aktif mengikuti jalannya kegiatan vaksinasi yang menjadi agenda nasional. Dirinya tetap menjadikan acuan vaksinasi tahap I bagi nakes yang telah sukses dilakukan kemarin.
“iya, bagi masyarakat agar bisa terlibat aktif dalam kegiatan vaksin ini. Suksesnya vaksin bagi nakes kemarin itulah yang jadi acuan,” tutupnya*

Penulis : [andi]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *