Dinkes P2-KB Sosialisasi Vaksin Covid 19 di Kecamatan Banggai Tengah, Camat Turut Hadirkan Pemdes

  • Whatsapp

BALUT,DIKTENEWS.COM — Menyikapi Vaksinasi Covid -19 tahap II di Kab. Banggai Laut yang masih berlanjut, Dinas Kesehatan P2-KB Banggai Laut melalui bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) menggelar sosialisasi Vaksinasi Covid -19 serta edukasi HIV/AIDS di Kecamatan Banggai Tengah.

Kegiatan dimitrai pemerintah kecamatan setempat itu dilaksanakan di Kantor Camat Banggai Tengah dihadiri Camat, Kepala Desa dan juga Sekretaris Desa Se – Kecamatan (23/03/2021). Dikonfirmasi awak media ini Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Bustanul Arifin, S.Farm,Apt, M.Sc, MPH, Ph.D jebolan University Gronigen, Of Netherland menjelaskan, bahwa kegiatan itu untuk memberi pemahaman valid dan positif serta mengedukasi masyarakat tentang vaksinasi covid.

Selaku juru bicara Covid 19 Banggai Laut, dikatakanya sosialisasi ini sebagai bentuk menangkal stigma negatif yang berkembang dipublik yang kemudian meningkatkan kesadaran partisipasi masyarakat akan vaksinasi Covid – 19.

Menurutnya, kurangnya tingkat partisipasi sadar vaksin adalah tanggapan miring masyarakat mengenai vaksin yang diragukan penggunaanya. Padahal, vaksin tersebut telah memenuhi hasil uji klinis dan rekomendasi dari lembaga otoritas untuk dipergunakan.

Dalam kesempatan itu juga diberikan edukasi, untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahaya HIV/AIDS yang menjadi masalah penting dalam masyarakat yang perlu juga disikapi serius oleh pihaknya.
“Kurangnya tingkat partisipasi publik terhadap vaksinasi adalah stigma negatif masyarakat yang paling mempengaruhi, harus kita sikapi dengan kegiatan yang mengedukasi seperti ini,” ungkapnya.

Lanjut Bustanul kegiatan ini bagian dari tindakan preventif (pencegahan) yang cukup efektif guna memperketat adanya penyebaran dan penularan wabah Corona Virus Disease yang masih dalam kondisi “zona hijau” di daerah ini.
“Saat ini kita bisa dikata masih “zona hijau” tapi tindakan preventif itu harus tetap serius dilakukan,”pungkasnya.

Tambahnya kepada media, bahwa kegiatan eduksai ini bakal berlanjut ke wilayah kecamatan lain. Namun, sebagai langkah awal pihaknya menjangkau lebih dulu wilayah Kecamatan Banggai Tengah yang berada setempat dengan Dinkes P2-KB Banggai Laut.
“Untuk saat ini kita jangkau dulu wilayah kecamatan terdekat,” terangnya.

Sementara itu Camat Banggai Tengah, MohLutfi Badar, saat dikonfirmasi menyatakan bahwa pihaknya sangat antusias dan aktif memfasilitasi kegiatan tersebut. Menurutnya ini sangat tepat dilakukan guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakatnya ditingkat kecamatan agar dapat aktif dalam agenda vaksin yang bakal berlanjut. Kegiatan yang juga melibatkan kepala desa agar dapat menindaklajuti kegiatan dimaksud pada masyarakat di masing masing desa.

“Kegiatan ini tepat agar kesadaran vaksinasi yang akan dilakukan pada masyarakat dapat meningkat. Kami mengundang kades agar dapat ditindaklanjuti serius ditingkat desa,”ucapnya.

Dirinya berharap upaya totalitas agenda vaksin tahap dua ini berjalan sesuai rencana dan harapan.
“Semoga bisa sukses sesuai harapan,” tutupnya.

Penulis [andi]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *