Pemda Banggai

TAPD Pemkab Gorontalo Utara Studi Tiru Ke Pemkab Banggai

Zulkifly Mangantjo
663
×

TAPD Pemkab Gorontalo Utara Studi Tiru Ke Pemkab Banggai

Sebarkan artikel ini
Studi Tiru
Studi Tiru Pemkab Gorontalo Utara ke Pemkab Banggai.(foto : Humas Pemda Banggai)

LUWUK — Mewakil Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai Moh Ramli Tongko, S,Sos, ST, M.Si menerima kunjungan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Gorontalo Utara.

Kepala Litbang Ramli Tongko menerima kunjungan TAPD Pemda Gorontalo Utara di Ruang Pahangkabotan Kantor Bappeda Litbang dalam rangka melakukan Studi Tiru, Senin 5 Desember 2022.

Studi Tiru tersebut melalui Surat Bupati Gorontalo Utara perihal Permohonan Audiensi TAPD Kabupaten Gorontalo Utara dengan TAPD Kabupaten Banggai, bermaterikan seputar diskusi tentang SAKIP.

Selain itu Studi Tiru juga meliputi tata cara pembahasan anggaran oleh TAPD dengan Tim Banggar DPRD khususnya pada implementasi pokok-pokok pikiran DPRD dalam penganggaran APBD, mulai dari perencanaan dan penganggaran program-program strategis Kepala Daerah serta pemenuhan kewajiban Mandatory Spending pengalokasian anggaran pada bidang Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur Daerah, serta sharing terhadap penyusunan RPD 2024 di tahun 2023.

Baca Juga :  APDESI Dan PABPDSI Banggai Bantu Korban Banjir Toili

Kabupaten Gorontalo Utara yang mekar tahun 2007 dengan 11 kecamatan, 123 desa. Dimana 78 desa berada di pesisir dengan motto Gorontalo Utara CERIA (Cerdas, Empati, Ramah, Inovatif, Amanah) dipimpin oleh Sekda Gorontalo Utara Suleman Lakoro, SH,MH.

Dengan membawa sejumlah tim yang berkaitan dengan pengganggaran, Sekda Gorontalo Suleman Lakoro menyatakan bahwa kedatangan ini untuk banyak belajar kepada kabupaten-kabupaten tetangga yang sudah lebih maju. “Umur kami masih belia. Baru lahir di tahun 2007,” kata Suleman Lakoro didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Gorontalo Utara, Husin Halidi.

Sementara itu Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai Ramli Tongko dalam sambutanya menyatakan bahwa Kabupaten Banggai merasa terhormat atas kunjungan ini. Melihat surat terkait rencana Studi Tiru kata Ramli Tongko, Kabupaten Banggai merasa luar biasa mendapat apresiasi dari Pemkab Gorontalo. “Kami menyakini, masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki bersama,” ujarnya.

Baca Juga :  Studi Mahasiswa Geologi Untad Palu Datangi Kantor PT KFM

Untuk berdiskusi seputar pelaksanaan Studi Tiru ini, hadir para Kepala Bidang di lingkungan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banggai dan sejumlah Kepala Bidang di lingkungan Bappeda Litbang Kabupaten Banggai.

Beberapa paparan dilakukan, termasuk paparan profil kabupaten. Setelah beberapa paparan yang dilakukan oleh Bappeda Litbang dan diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan saling tukar cendera mata dan foto bersama.*

(zl/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!