Pemda Banggai

Banggai Berkelanjutan, Era AT-FM Alokasikan Anggaran Tahun 2024 Bangun Mall Grand Central Luwuk

Zulkifly Mangantjo
136
×

Banggai Berkelanjutan, Era AT-FM Alokasikan Anggaran Tahun 2024 Bangun Mall Grand Central Luwuk

Sebarkan artikel ini
Rancangan
Desain gambar rencana pembangunan mall grand central luwuk yang telah di alokasikan pada anggaran tahun 2024. (foto : pupr banggai)

Analisis kebutuhan pasar dan perencanaan yang matang sangat penting untuk memastikan bahwa pembangunan mall akan benar-benar membawa manfaat yang maksimal bagi masyarakat Kota Luwuk. Dengan demikian, tujuan pembangunan pusat perbelanjaan ini mencakup beberapa aspek utama, yaitu pusat ekonomi dan bisnis dan sebagai pusat perdagangan dan bisnis dengan menyediakan ruang bagi berbagai macam toko dan perusahaan untuk beroperasi.

Hal ini membantu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja.
Tempat rekreasi dan hiburan, yaitu sebagai tempat hiburan selain tempat berbelanja, dengan menyediakan toko buku, bioskop, restoran, area bermain, dan fasilitas rekreasi lainnya, yang menarik pengunjung untuk bersantai dan menikmati waktu luang.

Pusat sosial, yaitu menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, di mana orang dapat bertemu, bersosialisasi, dan melakukan kegiatan bersama. Dengan menyediakan fasilitas seperti food court dan area umum, mall menjadi ruang publik yang penting.

Meningkatkan nilai properti, dimana keberadaan mall dapat meningkatkan nilai properti di sekitarnya. Mall diharapkan menjadi daya tarik untuk investasi di area tersebut, baik untuk perumahan maupun bisnis lain. Mendukung urbanisasi, dimana mall membantu mengakomodasi kebutuhan populasi yang padat dengan menyediakan berbagai fasilitas dan layanan di satu tempat.

Baca Juga :  Wakili Bupati Banggai, Sekda Abdulah Ali Ikuti Capacity Building dan Rakor TPID di Palu Sulteng

Ini mendukung gaya hidup perkotaan yang efisien dan serba cepat dan juga penggerak pariwisata. Mall yang akan dibangun di Kawasan Wisata Teluk Lalong diharapkan menjadi tujuan wisata, menarik pengunjung dari luar daerah atau bahkan mancanegara.

Oleh karena itu, bangunan ini merupakan bangunan dengan beberapa fungsi yang disatukan dalam satu gedung (mix use). Dengan demikian diharapkan pembangunan Mall Grand Central Luwuk tidak hanya berfungsi sebagai pusat perbelanjaan tetapi juga memiliki peran signifikan dalam pengembangan ekonomi, sosial, dan budaya di Kabupaten Banggai.

Bangunan ini terdiri dari 6 (enam) lantai dengan fungsi sebagai shoping mall, rental office dan hotel dengan total luas bangunan kurang lebih 22.800 m2. Fasilitas yang direncanakan antara lain atrium dan mall, time zone dan food court, toko buku, bioskop, dan hotel.

Baca Juga :  Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Buka Secara Resmi POPDA XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Luwuk

Kebutuhan masyarakat akan pusat perbelanjaan yang menghadirkan suasana belanja yang nyaman dengan menyediakan multi produk dalam satu kawasan, serta sarana hiburan dengan adanya toko buku dan bioskop XXI, merupakan tujuan utama didirikannya bangunan ini.

Yang tidak kalah penting dari manfaat pembangunan Mall Grand Central Luwuk ini adalah memfasilitasi masyarakat untuk bisamengembangkan usahanya dalam skala yang lebih baik lagi.

Kebutuhan lainnya adalah untuk memfasilitasi investor dari luar daerah untuk mengembangkan usaha di Kabupaten Banggai dengan menyiapkan rental office untuk skala kecil. Hotel yang nantinya dibangun merupakan salah satu bangunan yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat yang datang untuk tinggal sementara di Kota Luwuk kabupaten Banggai.

Dengan adanya Mall Grand Central Luwuk (MGCL) akan mengubah wajah pusat Kota Luwuk menjadi lebih modern dan layak menjadi pusat pertumbuhan ekonomi regional di Kawasan Timur Sulawesi.*

(zuma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!