Pilkada 2024

60 Tahun Terisolir Akses Jalan Hubungkan 7 Desa Nanti Jaman AT-FM Langsung Aspal Hotmix, Warga : Terima Kasih AT-FM Ini Seperti Mimpi Tapi Nyata dan Fakta

Zulkifly Mangantjo
6
×

60 Tahun Terisolir Akses Jalan Hubungkan 7 Desa Nanti Jaman AT-FM Langsung Aspal Hotmix, Warga : Terima Kasih AT-FM Ini Seperti Mimpi Tapi Nyata dan Fakta

Sebarkan artikel ini
Kampanye
Warga puas dengan kinerja 3 tahun pemerintahan AT-FM nampak jalan sudah mulus setelah 60 tahun menderita dan tersiksa bernada hari ini jalan sudah aspal Hotmix. (foto : zulkifly/diktenews)

BANGGAI — Kurang lebih 60 tahun jalan yang menghubungkan 7 (tujuh) desa di wilayah Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai rusak parah dan sangat tidak layak di lewati kendaraan dan pengguna jalan.

Bahkan jalan yang menghubungkan Desa Asaan, Bulu, Dongkalan, Baloa, Nain, Pinapuan dan Hohudungan, Kecamatan Pagimana menjadi ajang pertaruhan nyawa bagi para pengguna jalan karena rusak dan extrim medanya.

Tapi berbeda hari ini warga mengaku ini seperti mimpi karena tidak menyangka jalan sepanjang 12 Kilometer menghubungkan 7 desa telah beraspal hotmix.

Sebelumnya warga menyebut penampakan jalan selama 60 tahun seperti bukan lagi jalan, “So bukan ancor dengan rusak tapi so bukan lagi jalan,” ucap warga Desa Asaan.

Jalan dengan kondisi yang extrim menambah penderitaan warga 7 desa selama 60 tahun, “Siksa sekali torang ini dengan ini jalan,” ujar warga. 

Bahkan waktu tempuh pun, misal dari Desa Asaan memakan waktu satu jam setengah (90 menit) untuk sampai di Kota Pagimana.

Seperti di ungkap Rudi Warga Desa Asaan. Dirinya mengaku harus berangkat jam 5 Subuh untuk mengantar anaknya ke sekolah karena perhitungan sampai di sekolah anaknya pukul 6.30 Wita di Kota Pagimana.

Baca Juga :  Koalisi Parpol AT-FM Pilkada 2024 Beniyanto Koordinator Irwanto Ketua Tim

Begitupun kisah warga lain yang sudah 20 tahun menjadi warga Desa Asaan setelah menikah dengan warga setempat. “20 tahun saya jadi orang sini (warga desa Asaan) kondisi jalan bukan seperti ini, masih bagus jalan ke kobong (kebun),” kisahnya.

Nanti jaman Bupati Banggai Amirudin Tamoreka dan Wakil Bupati Banggai Amirudin baru jalan ini mulus langsung di aspal hotmix, “Bukan lagi aspal lapen tapi langsung aspal hotmix,” akunya.

Kami warga tidak menyangka dan seperti mimpi serta terharu kalau mengenang penderitaan masyarakat dengan kondisi jalan yang dulu berbeda jauh dengan sekarang. Jalan sepanjang 12 Kilometer mengakses 7 desa hari ini sudah mulus dengan waktu tempuh 30 menit dari Desa Asaan tidak seperti sebelumnya 90 menit.

“Ini ada nanti di jaman Bupati Amirudin Tamoreka dan Wakil Bupati Banggai Furqanuddin,” ucap warga dengan kompak.

Baca Juga :  Bawaslu Banggai Sebut SM-SBM dan HY-HEPPY Paslon Belum Memenuhi Syarat Sementara Lakukan Proses Perbaikan Berkas Pencalonan

Sambung warga kondisi jalan sudah mulus hari ini, arus lalu lintas semakin lancar dan transportasi ekonomi masyarakat semakin geliat yang mayoritas adalah petani hasil bumi cengkeh.

“Sekali lagi terima kasih pak Bupati Amirudin Tamoreka dan Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili,” teriak warga pada kampanye tatap muka bersama Cawabup Furqanuddin Masulili Sabtu (28/9).

Perhatian dan kepedulian Bupati Banggai Amirudin Tamoreka dan Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili dalam membangun banggai terbukti hanya dengan waktu 3 tahun memimpin daerah ini.

Dan berlanjut tahun depan (2025) jalan Desa Ampera juga akan di lakukan perbaikan. Ternyata tidak hanya jalan, program banggai terang juga telah kami rasakan. “Jujur kata mereka saat lampu di pasang pertama kali kami semua berkumpul di bawa lampu yang sudah menyala terang benderang menempel di tiang listrik,” ungkapnya.

Dan sebagai komitmen, kami akan siap mengantarkan paslon AT-FM untuk memimpin daerah ini, satu kali lagi.*

(zuma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!