banner 728x250

26 Ribu Ketupat Dan Menu Khas Lebaran Disajikan Dalam Halal Bi Halal Digelar Pemda Banggai

banner 120x600

LUWUK — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai menggelar Halal Bi Halal dan Festival Ketupat di pelataran Masjid Agung An-Nur Luwuk, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, Sabtu (14/5/2022). 

Acara yang dimulai pukul 11.00 Wita, terdapat 26.000 ketupat yang disediakan di beberapa stand beserta menu makanan khas lebaran. Masing-masing stand dikelola oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Lembaga Vertikal, Instansi Pendidikan dan perwakilan setiap kecamatan.

Diarena kegiatan, beberapa stand yang disediakan panitia turut ditempati perusahaan seperti BUMN, perusahaan swasta dan organisasi masyarakat yang secara keseluruhan jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 83 kelompok.

Sejak pagi hingga menjelang sore, halaman Masjid Agung An-Nur Luwuk sebagai pusat perayaan Halal Bi Halal dipadati masyarakat yang ingin menyantap ketupat dan hidangan yang disediakan. Ada juga warga yang sekedar menyaksikan penampilan duet artis religi ibu kota, Sayyid Zulfikar dan Veve Zulfikar dan juga mendengarkan siraman rohani dai kondang indonesia, Dr. KH. Reza Ahmad Said, LC. MA. 

Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu panitia mengumumkan pemenang lomba pawai obor yang dilaksanakan pada malam takbiran. Adapun pemenangnya, juara pertama kategori (OPD/Instansi) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), kategori (sekolah), SMP Negeri 3 Luwuk. Untuk kategori (organisasi) dijuarai komunitas tekupak.

Baca Juga :  Wujudkan Kota Cerdas di Banggai, Kemenkominfo RI Dampingi Penyusunan Master Plan Smart City

Hadiah bagi pemenang lomba pawai Obor diserahkan secara bergantian oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai yang hadir. 

Lounching Program “One Day No Rice”

Selain Halal Bi Halal dan Festival Ketupat, di waktu serta lokasi yang sama, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Banggai melaunching program “One Day No Rice” ditandai secara simbolis pelepasan balon oleh Bupati Banggai Amirudin Tamoreka.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai, Alfian Djibran, mengatakan, kegiatan bertemakan “Merajut Ukhuwah dalam Kemenangan” yang dilaksanakan Pemkab Banggai bekerja sama dengan PHBI dan Dewan Masjid Kabupaten Banggai, didukung juga oleh Kejaksaan Negeri Luwuk, Kantor perwakilan Kementrian Agama, Polres Banggai, Kodim 1308/LB, Nahdlatul Ulama serta Komunitas Bikers Subuhan. 

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka dalam sambutannya, mengingatkan supaya jangan ada lagi dendam, dengki dan iri hati antara sesama masyarakat Kabupaten Banggai. 

Baca Juga :  Bupati Banggai Buka Kuliah Perdana Untika Luwuk

“Mudah-mudahan setelah berhalal bihalal, yang tadinya ada saling sengketa, dendam dan iri hati dapat terselesaikan, semoga semuanya disini dapat saling memaafkan dan berlapang dada,” ujar Bupati.

Hadir menyemarakan Halal Bi Halal Wabup Furqanuddin Masulili, pimpinan dan anggota DPRD Banggai, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Unsur Forkopimda Banggai, pimpinan organisasi keagamaan, lembaga vertikal, BUMN, BUMD dan perguruan tinggi serta masyarakat Kabupaten Banggai.*

(zl)

Penulis: zoelEditor: kifly
error: Content is protected !!