Info Kecamatan

Penampakan Tugu 17 Agustus 1945 di Bunta, Pasca Renovasi

Zulkifly Mangantjo
3351
×

Penampakan Tugu 17 Agustus 1945 di Bunta, Pasca Renovasi

Sebarkan artikel ini
Tugu
Kondisi bangunan Tugu 17 Agustus 1945 berada di Kecamatan Bunta sebelum dan sesudah di renovasi, nampak Lurah Bunta I Muhammad Ali bersama Danramil Kapten Inf Herman dan jajaranya melakukan pembersihan lokasi dan mengawal proses pemugaran bangunan. (foto : Danramil Bunta/Ist)

Sejarah Tugu

Informasi di himpun menyebutkan tempat itu, (dulunya) di jadikan pusat perayaan hari besar nasional serta pelaksanaan upacara, dan berbagai perlombaan, seperti festival gambus dan karambangan.

“Dulunya tempat itu di jadikan lokasi upacara hari besar nasional, acara hiburan dan tempat perlombaan,” ujar Husain Mihari.

Tokoh masyarakat, atau biasa di sapa (Om Nini) juga menceritakan berdirinya Tugu 17 Agustus 1945, “Cerita ini dari orang tua kami terdahulu, seperti di ceritakan orang tua saya (bapak saya). Berdirinya tugu itu, setelah Indonesia merdeka 1945, dan dibangun sekitar tahun 50-60 an,” ucapnya.

Baca Juga :  Logistik Pilkades Yang Kurang Akan Disalurkan Besok

Dan para penggagasnya yakni beberapa pejuang kemerdekaan daerah ini (pejuang asal Bunta) dengan donatur seorang pedagang pada masa itu.*

(zl/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!