Komnas Ham Sebut OPM Pelaku Kekerasan di Papua Melanggar HAM

  • Whatsapp

Ketua Komnas HAM : Tindakan OPM Sangat brutal

JAKARTA,DIKTENEWS.COM —Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM mengakui bahwa aksi kekerasan yang terjadi di Papua terkadang merupakan perbuatan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik bahkan menilai, tindakan kekerasan yang dilakukan OPM sangat brutal.

“Kadang-kadang sangat brutal, seperti peristiwa Wamena dan kota lain demomstrasi setelah isu rasisme di Surabaya, kami catat ada aksi kekerasan separatisme OPM,” ucap Taufan dalam paparan di Rapat Pimpinan TNI-Polri pada Senin, 15 Februari 2021.

Taufan meminta pemerintah untuk memberikan kelonggaran pada Komnas HAM melakukan pendekatan dialog dengan pihak tertentu atau tokoh setempat. Langkah itu untuk mencegah insiden kekerasan supaya tidak terus terjadi.

“Kami usulkan kelonggaran, sedikit keleluasaan dari Komnas HAM inisiatif pendekatan dialog dengan pihak tertentu untuk sama-sama Komnas HAM inisiasi dialog,” ucap Taufan.

Selama tiga hari, 15-17 Februari 2021, TNI-Polri menggelar Rapim 2021. Di hari pertama ini, kedua instansi itu membahas sejumlah isu antara lain pertumbuhan ekonomi, penanganan Covid-19, dan strategi penanganan HAM dalam pelaksanaan tugas. Komnas HAM diundang untuk memberikan masukan.*

Penulis : [zoel/rls]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *