Daerah

Kembali Gelorakan “Jumpa Kasih” Dandim 1308/ LB, LSM GAM Dan Wartawan Satukan Persepsi

Zulkifly Mangantjo
470
×

Kembali Gelorakan “Jumpa Kasih” Dandim 1308/ LB, LSM GAM Dan Wartawan Satukan Persepsi

Sebarkan artikel ini

LUWUK —Kembali menggelorakan Jumat Pagi Kota Bersih (Jumpah Kasih). Dandim 1308/LB Letkol Inf. Dony Gredinand, SH.M.Tr.Han.M.I.Pol undang Jurnalis Luwuk dan Gabungan Aktifis Mantailobo (GAM) Luwuk Banggai, di Saung kediaman Dandim, pada, Kamis malam (24/2/2022).

Kegiatan diawali dengan dzikiran, bersama tokoh agama dan anak panti asuhan. Letkol Inf. Dony Gredinand yang belum lama menjabat Dandim 1308/LB kemudian mempersilahkan para jurnalis memperkenalkan satu persatu nama mereka dan medianya.

Ketua GAM Idhin Massa dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa program (Jumpa Kasih) sempat mengalami kevakuman di akibatkan pandemi covid 19.

Sambung Idhin, seiring berjalanya waktu, kondisi lingkungan di Kabupaten Banggai sangat memprihatinkan, “Sampah berserakan terlihat disetiap sudut kota,” ungkapnya.

Inisiasi menggelorakan kembali kegiatan jumpa kasih kata Idhin bertujuan untuk membangun kembali kesadaran masyarakat Kabupaten Banggai untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga :  Kejari Banggai Gelar Sejumlah Kegiatan Peringati Hari Bakti Adhyaksa ke 63

Mendukung pernyataan Ketua GAM, Iskandar Djiada ketua PWI Banggai mengatakan, “Sampah adalah persoalan pelik yang menjadi sorotan media belakangan ini,” jelasnya.

Belakangan ini persoalan sampah selalu menjadi sorotan media, di Kabupaten Banggai, tetapi belum ada solusi yang tepat hingga saat ini, untuk menghadapi persoalan tersebut.

Iskandar menegaskan bahwa persoalan kebersihan lingkungan jangan disangkut pautkan dengan persoalan politik.

“Gerakan moral PINASA yang diusung oleh Bupati sebelumnya adalah adopsi dari program Jumpa Kasih yang diprakarsai oleh GAM,” terangnya.

Sangat di sayangkan jika program kebersihan di sangkut pautkan dengan politik. apapun programnya, sudah sepantasnya masalah kebersihan menjadi tanggung jawab bersama.

Baca Juga :  Kepala Kantor UPP Bunta Imran Usman Dan Staf Ikuti Upacara Harhubnas Tingkat Sulteng di Palu

Menanggapi hal itu, Dandim 1308/LB mengajak para wartawan dan LSM GAM untuk bersama menjaga dan memelihara keamanan serta kondusifitas di Kabupaten Banggai.

Terkait masalah lingkungan, Dandim menegaskan akan selalu memberikan dukungan penuh pada para penggiat lingkungan dalam menjaga kebersihan lingkungan di daerah ini.

Sebagai langkah awal, besok akan digelar kegiatan Jumat Pagi Kota Bersih (Jumpa Kasih), dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), yang digelar Jumat 25 februari 2022, pukul 15.00 Wita.

Adapun rute tersebut dari pantai wisata kilo lima, hingga ke RTH Teluk Lalong, sesuai kesepakatan bersama Dandim, GAM dan wartawan Luwuk saat ini.*

(ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!