banner 728x250
Daerah  

Program Menanam Sejuta Pohon, Pangdam XIII/Merdeka Susuri Pedalaman Hingga Ke PT Tobelombang

banner 120x600

Wanny Tumeleng Pimpinan PT. Tobelombang

“Baru Kali Ini Ada Jendral Bintang Dua Mengunjungi Kami di Pedalaman, Sejarah Mencatat Itu”

NUHON — Panglima Kodam (Pangdam) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Alfret Denny Tuejeh didampingi Komandan Korem (Danrem) Brigjen TNI Toto Nurwanto, SIP,MSi melakukan penanaman pohon di areal PT. Tobelombang berada di Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Agenda kunjungan Pangdam (Mayjen) TNI Alfert Denny Tuejeh dilokasi perusahaan PT. Tobelombang, Rabu 8 Juni 2022, serangkaian kegiatan di momentum Hari Lingkungan Hidup oleh jendral bintang dua lewat program menanam sejuta pohon.

Bersama Pangdam XIII/Merdeka dan Danrem 132 Tadulako (foto : zoel/diktenews)

Disela sela kegiatan berlangsung, Pangdam (Mayjen) TNI Alfret Denny Tuejeh didampingi Danrem (Brigjen) TNI Toto Nurwanto dan pimpinan PT. Tobelombang Wanny Tumeleng, kepada media ini Pangdam mengatakan, kita memang kerjasama dengan (PT. Tobelombang) untuk pemberdayaan lahan, kerjasama TNI Angkatan Darat (AD) Kodam XIII/Merdeka.

“Untuk pemberdayaan lahan tidur, lahan yang tidak digunakan oleh perusahaan, kita gunakan supaya lebih optimal pemanfaatanya” ucap Pangdam.

Seharusnya kata Pangdam saya datang disini (PT. Tobelombang), siang tadi, tapi kita harus mendampingi kunjungan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura ke Kabupaten Banggai Laut.

“Sehingga saya minta maaf tidak sempat menanam pohon dilokasi bagian atas karena sudah terlalu sore, ini hanya simbolis nanti setelah ini, akan dilanjutkan penananaman oleh jajaran Kodim 1308/LB,” sebutnya.

Sambung Pangdam, program ini merupakan bagian dari perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Dudung Abdurahman untuk kita melakukan upaya – upaya mengurangi dampak perubahan iklim dengan program menanam sejuta pohon.

Baca Juga :  Kunker Gubernur Sulteng di Luwuk, Bersama Bupati Banggai Melepas Satwa Khas Burung Maleo

Tiga provinsi yang melaksanakan program ini, sebut Pangdam, Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah oleh jajaran Kodim dan hampir semua Koramil.

“Jadi memanfaatkan lahan yang bisa kita pakai. Tapi kita utamakan adalah penanaman pohon yang bermanfaat ekonomis dan punya nilai produktif untuk masyarakat,” jelasnya.

Harapanya PT. Tobelombang bisa berjalan lancar dan baik. Karena bagaimanapun juga, ini merupakan salah satu investasi untuk wilayah ini. “Mari kita jaga keamanan bersama sama. Lahan seluas ini tentunya akan menghasilkan manfaat untuk masyarakat dan juga bangsa dan negara,” pungkasnya.

Di akhir wawancara bersama Pangdam, ia mengucapkan terima kasih pada pihak PT.Tobelombang dan juga masyarakat yang telah menyambut baik kedatanganya.

Masih dilokasi kegiatan, Dandim 1308/LB Letkol Inf. Donny Gredinan mengatakan dalam agenda kunker Pangdam XIII/Merdeka (Mayjen) TNI Alfret Denny Tuejeh di Kabupaten Banggai bersama Danrem 132 Tadulako (Brigjen) TNI Toto Nurwanto.

Dikatakan Dandim, Pangdam XIII/Merdeka turut memberikan arahan, semangat serta motivasi pada prajurit di wilayah Kodim 1308/LB. Dan juga menekankan, penekanan penekanan apa yang harus dilakukan aparat teritorial, terutama Danramil dan Babinsa, “Intinya kita sebagai aparat teritorial harus membantu kesulitan rakyat,” ucap Dandim.

Baca Juga :  Petani Banggai Ketiban Bantuan Hand Traktor Dari Pemprov Sulteng

Terpisah pimpinan PT. Tobelombang Wanny Tumeleng memberikan apresiasinya yang tinggi atas kunjungan Pangdam XIII Merdeka (Mayjen) TNI Alfert Denny Tuejeh bersama Danrem 132 Tadulako (Brigjen) TNI Toto Nurwanto dan jajaranya.

Menurut pria yang akrab disapa Wanny, tempat kami ini, terbilang berada di pedalaman. Dan ini sangat luar biasa, “Baru kali ini ada jendral bintang dua mengunjungi kami dipedalaman, dan sejarah mengukir itu,” sebut Wanny.

Sambung Wanny, bertepatan kami ada lahan kosong jadi kami manfaatkan ditanami pohon produktif bersama Pangdam XIII/Merdeka dan Danrem 132 Tadulako. “Seperti bibit durian musang king, alpokat, lengkeng dan bibit tanaman produktif lainya yang bermanfaat bagi masyarakat dan berguna untuk daerah ini,” terangnya.

Kedatangan jendral bintang dua ini kata Wanny, merupakan sebuah penghormatan dan kebanggaan kami khusunya masyarakat Tobelombang dan umumnya masyarakat Kecamatan Nuhon.

Berikut dokumentasi kegiatan di lokasi PT. Tobelombang, (foto zoel/diktenews)

Penanaman bibit pohon oleh Pangdam XIII/Merdeka
Penanaman bibit pohon oleh Danrem 132 Tadulako
Pimpinan PT Tobelombang (tengah) bersama Pangdam XIII/Merdeka (kanan) dan Danrem 132 Tadulako (kiri)

(zl/*)

error: Content is protected !!