Pemda BanggaiUncategorized

Assesmen Kemkominfo RI, Banggai Menuju Kota Cerdas (Smart City)

Zulkifly Mangantjo
899
×

Assesmen Kemkominfo RI, Banggai Menuju Kota Cerdas (Smart City)

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili
Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili Membuka Kegiatan Bimtek Penyusunan Master Plant Smart City

Berbicara Smart City, kata Wabup, tentu tidak lepas dari teknologi informatika. Di era digitalisasi saat ini mau tidak mau, suka tidak suka kita sudah masuk berkecimpung didalamnya, ditengah tengah cepatnya laju perkembangan teknologi.

“Seluruh daerah berlomba lomba untuk menjadi yang tercepat dan terbaik dalam mengimplementasikan smart city,” terangnya.

Untuk itu setiap elemen didorong agar berfikir kreatif dan aktif dalam melahirkan inovasi inovasi demi mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, sehat, nyaman, dan aman, tentu saja menjadi tujuan utama adalah untuk mewujudkan daerah yang berkelanjutan dan mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Pembangunan berbasis smart city tidak sekedar mengedepankan efisiensi birokrasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Namun perlu juga membangun infrastruktur dan sarana Tik sebagai faktor pendukung keberhasilan smart city.

Untuk itu langkah awal yang dilakukan dalam menuju smart city adalah perlunya membangun suatu master plan yang komprehensif berdasarkan potensi peluang dan tantangan yang riil dihadapi suatu daerah.

Tahun 2021 telah dilaksanakan assesmen oleh tim ahli dari berbagai kalangan yang ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Baca Juga :  Lansia Jadi Fokus Pembangunan Daerah, Dan Perlu Dicapai

Berdasarkan assesmen, Kabupaten Banggai terpilih menjadi salah satu kabupaten dari 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang masuk dalam Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022.

Sehingga hasil assesmen pada 21 April tahun 2022 dilaksanakan kegiatan penandatanganan nota kesepakatan antara Direktur Jenderal Aplikasi
Informatika dengan Pemerintah Kabupaten Banggai tentang implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) dalam bentuk pendampingan penyusunan master plan Smart City Kabupaten Banggai.

Tentu saja pemerintah Kabupaten Banggai mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan bimbingan teknis yang di laksanakan hari ini. Kita dapat melihat potensi permasalahan serta kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang kita miliki.

Gerakan menuju smart city yang dicanangkan Kemkominfo RI, bertujuan untuk mendorong daerah Kabupaten/Kota di Indonesia melakukan akselerasi pembangunan dengan konsep smart city atau kota/daerah pintar.

Mulai dari penyusunan master plan smart city, merencanakan dan melaksanakan program “Quick Win Smart City” dan melaksanakan road map atau peta jalan pembangunan smart city dalam 5 hingga 10 tahun kedepan.

Baca Juga :  Israj Miraj di Bualemo, Bupati Banggai Amirudin Jawab Semua Keluhan Warga

Selanjutnya untuk mewujudkan smart city di Kabupaten Banggai, diperlukan komitmen dan perencanaan yang matang serta menyeluruh pada tahap-tahap tertentu, usaha pembangunan smart city juga perlu melibatkan semua pihak di tingkat daerah maupun di tingkat pusat, baik dari pihak masyarakat, pemerintah maupun swasta.

Sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Banggai sejajar dengan daerah maju lainnya melalui visi Pemerintah Kabupaten Banggai, terwujudnya Banggai Maju, Mandiri Dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal.

Hadir pada kesempatan itu, tim tenaga pembimbing dari Kementerian Kominfo RI (Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc.,Ph.D), Tenaga Ahli (Dr. Nunuk Dwi Retnandari, M.Si), Asisten Ahli Muzakir Haitami dan Rossy Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah (diwakili).

Para staf ahli/staf khusus Bupati, para assisten setda banggai, para pimpinan OPD, para kabag setda banggai, pimpinan BUMN dan BUMD, pimpinan universitas, kabag prokopim dan jajarannya serta Para peserta bimtek yang sempat hadir.*

(zl/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!