Info Kecamatan

DPMD Banggai Tanggapi Dugaan Ketidakberesan Penggunaan Dana BUMDes Usaha Jual Beli Ikan Desa Balanga “Warga Laporkan Kalau Ada Yang Dirugikan”

Zulkifly Mangantjo
1531
×

DPMD Banggai Tanggapi Dugaan Ketidakberesan Penggunaan Dana BUMDes Usaha Jual Beli Ikan Desa Balanga “Warga Laporkan Kalau Ada Yang Dirugikan”

Sebarkan artikel ini
Modal
Sekdis DPMD Banggai Hasan Baswan. (foto : zoel/diktenews)

Sebelumnya unit usaha jual beli ikan di kelola menggunakan anggaran BUMDes senilai Rp 50 juta, menurut Kades Rahmawati Hamzah, usaha tersebut, telah berjalan sejak Januari 2023, “Karena baru usaha ini yang ada peluang dan lumayan keuntunganya,” ucapnya di konfirmasi belum lama ini, Sabtu 14 Oktober 2023.

Bahkan kata dia, dari usaha itu, pengelola juga mendapatkan fee (imbalan). Namun berbanding terbalik kabarnya masyarakat dan pengurus BUMDes meminta modal usaha senilai Rp 50 juta itu di kembalikan dulu ke kas BUMdes.

Kades Rahmawati dalam konfirmasi itu membenarkan hal tersebut. Di jelaskan mungkin karena masyarakat melihat usaha itu (jual beli ikan) tidak jalan lagi, makanya modal usaha itu di minta untuk di kembalikan dulu oleh pengelola unit usaha.

Baca Juga :  Empat Poin Surat Peringatan DPMD Banggai Untuk Kades Pulodalagan

Terkait pengembalian modal usaha senilai Rp 50 juta, menurut Kades Rahmawati sudah di fasilitasi dalam rapat belum lama ini di gelar di kantor desa. Dan pengelola unit usaha jual beli ikan TL siap mengembalikan sampai dengan waktu bulan Desember 2023 dan juga telah membuat surat pernyataan.

Kembali di singgung apakah modal usaha Rp 50 juta benar di gunakan untuk memperbaiki kapal yang kabarnya milik salah satu pengurus BUMDesa ataukah ada peruntukan lain berkaitan unit usaha jual beli ikan, dan juga setengah anggaran Rp 50 juta di gunakan untuk apa ? dari anggaran Rp 100 juta yang sudah di kucurkan Pemda Banggai sebagai penyertaan modal untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Balanga, Kecamatan Bunta.

Baca Juga :  Langkah Cepat Ketua PPK Bunta Koordinasi Calon Kasek Pasca Buhari Malihat Jabat Camat

Kembali Kades Balanga Rahmawati Hamzah tidak banyak memberikan komentar soal itu, dan mengarahkan mengkonfirmasi langsung pada pengurus BUMDes dengan memberikan nomor kontak (telepon) tertera nama (Jabir Biyo), “Mohon maaf mungkin bisa langsung konfirmasi ke pengurus Bumdesnya biar lebih jelas,” tulisnya dalam pesan singkat whatsaap.

Terpisah upaya konfirmasi di hubungi di nomor 0821 8711 xxxx belum berhasil tersambung, kendatipun panggilan masuk berdering menandakan panggilan telepon tersambung. Begitu juga pesan singkat whatsaap belum mendapat jawaban dari pengurus BUMDes tersebut.*

(zl)

Ikuti kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!