Olahraga

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Buka Secara Resmi POPDA XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Luwuk

Zulkifly Mangantjo
2
×

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Buka Secara Resmi POPDA XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Luwuk

Sebarkan artikel ini
POPDA
Gubernur Sulteng di dampingi wabup membuka resmi popda ke 22 tingkat provinsi sulawesi tengah di luwuk. (foto : ist)

BANGGAIGubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura membuka resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Luwuk, Selasa (30/7/2024).

Pembukaan POPDA di Lapangan Tribun Mirqan Halimun, Gubernur Rusdy Mastura dalam sambutanya mengucapkan terima kasih pada Pemkab Banggai dan masyarakat sebagai penyelenggara sekaligus tuan rumah pelaksanaan POPDA XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024.

“Kejuaraan ini merupakan ajang pemantauan terhadap atlet atlet potensial dalam rangka persiapan mengikuti Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRA POPNAS) Zona V yang akan dilaksanakan di Provinsi Gorontalo pada tanggal 1 Agustus s.d 8 Desember 2024,” ucap Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

POPDA sendiri berperan sebagai satuan pembinaan atlet pelajar berprestasi, yang mana event olahraga pelajar ini menjadi ajang evaluasi sejauh mana capaian pembinaan yang telah dilakukan melalui satuan satuan olahraga di Kabupaten/Kota setiap tahunnya.

Baca Juga :  Bupati Banggai Buka Turnamen Voli Ball, Cikal Bakal Atlit di Ajang Porprov 2022

“Hal ini dimaksudkan agar tercipta kualitas sumber daya manusia dibidang olahraga yang berdaya saing, memiliki kebugaran, berkarakter dan berprestasi,” bebernya.

Ia berharap spirit dari event POPDA kali ini dapat mendorong pembangunan olahraga Sulawesi Tengah yang menjadi bagian penting untuk terus kita usahakan melalui peningkatan indeks pembangunan olahraga.

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Banggai Furqanuddin Masulili mengaku ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Kabupaten Banggai yang mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan POPDA XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai serta seluruh masyarakat mengucapkan selamat datang di Kota Luwuk Ibukota Kabupaten Banggai,” ucap Wabup Furqanuddin.

Sebagai tuan rumah, kami tentunya telah berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan yang terbaik demi kemajuan olahraga pelajar khususnya di Kabupaten Banggai dan Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Polda Sulteng Ajak Masyarakat dan Media Awasi Netralitas Polri di Pemilu 2024

Opening Ceremonial

Pembukaan ini dimeriahkan dengan parade dari kontingen peserta dan penampilan seni budaya yang menggambarkan keragaman budaya di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Atlet

POPDA XXII Tahun 2024 ini diikuti oleh 793 atlet, 139 pelatih dan 132 official dengan total keseluruhan sebanyak 1062 orang yang terdiri dari 13 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini juga akan mempertandingkan sejumlah cabang olahraga diantaranya, bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, dan tinju.

Dengan dukungan penuh dari masyarakat dan para pejabat daerah, POPDA XXII diharapkan dapat menjadi ajang yang tidak hanya mempromosikan olahraga di kalangan pelajar, tetapi juga memperkuat hubungan antar daerah.*

(zuma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!