Daerah

Pekan Depan Bupati Banggai Melantik Pengurus APDESI Banggai

Zulkifly Mangantjo
551
×

Pekan Depan Bupati Banggai Melantik Pengurus APDESI Banggai

Sebarkan artikel ini

Luwuk.DikteNews.Com — Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka dalam dalam waktu dekat ini, akan melantik dan mengukuhkan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Banggai.

Rencana pelantikan dan pengukuhan APDESI sendiri ini akan di laksanakan di Gedung Graha Pemda Banggai pada pekan depan 29 Desember 2021.

Hal tersebut disampaikan Arman Sinukun, S.Pd selaku mandataris APDESI Banggai kepada awak media ini Selasa (21/12).

Di akuinya telah bertemu dan berkoordinasi dengan Bupati Banggai terkait keberadaan APDESI. Sekaligus meminta kesediaan Bupati Banggai melantik sekaligus mengukuhkan kepengurusan APDESI Kabupaten Banggai.

Baca Juga :  Target Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, Tahun 2022 Tidak Ada Lagi Blank Spot

Hal itu sambung mendapat mendapat respon positif Bupati. Dan siap melantik dan mengukuhkan kepengurusan APDESI.

Dirinya yang turut didampingi Ansar selaku Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Tenaga Pendamping Profesional (TAPM TPP). Kembali berujar soal dualisme kepengurusan APDESI sebelumnya, namun semuanya telah bersepakat islah.

“Sebelumnya ada dua pengurus dan sudah bersepakat islah,” ucapnya.

Lebih jauh Arman menjelaskan tentang APDESI, organisasi tersebut berdiri Tahun 2005 di Jakarta, dan saat ini Ketua Umumnya Drs. H. Sutra Wijaya, MSI.

Dimana organisasi ini bersepakat berhimpunya para kepala desa dan perangkat desa baik yang aktif maupun yang purna bakti. Sebagai tujuan memperjuangkan kepentingan dalam menentukan kebijakan agar lebih berpihak pada masyarakat pedesaan.

Baca Juga :  Pengembangan Kawasan Wisata Pantai Louk Perlu Digiatkan

Pentingnya memperkuat desa menjadi pusat ekonomi baru adanya pemerataan pembangunan, menciptakan lapangan pekerjaan. Dan ujungnya desa tersebut menjadi maju dan mandiri. Membangun dari pinggrian itu adalah desa.

Hal tersebut butuh kemampuan kepala desa yang harus mengerti administrasi pemerintahan dan keuangan desa. Tidak hanya itu kades pun harus mampu menjadi negarawan merangkul semua pihak menjadi leadership dan jiwa enterpreneurship.*

(zl/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *