Daerah

Kemensos Cairkan Dana BSPT, 13 Desa di Kecamatan Luwuk Timur

Zulkifly Mangantjo
562
×

Kemensos Cairkan Dana BSPT, 13 Desa di Kecamatan Luwuk Timur

Sebarkan artikel ini

LUKTIM — Kementrian Sosial (Kemensos) mempercepat penyaluran dana bantuan program sembako, pada penerima manfaat (KPM). Proses pencairanya, Kemensos menggandeng PT. Pos Indonesia.

Salah satu pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Luwuk Timur, Suharto Larekeng mengatakan bahwa program saat ini adalah program Bantuan Sembako Pangan Tunai (BSPT).

“Yang dulunya dikenal sebagai bantuan pangan non tunai (BPNT), karena saat ini bantuan diserahkan secara tunai,” ucapnya pada awak media ini, Selasa (22/2/22).

Sambung Suharto penyaluran bantuan sembako tahun 2022 di salurkan juga untuk 3 bulan sekaligus, periode Januari, Februari dan Maret. KPM menerima Bansos dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 200 ribu rupiah perbulan.

“Karena dibayarkan sekaligus untuk tiga bulan, maka uang tunai yang diterima KPM sebesar Rp 600 ribu,” jelasnya.

Ia berharap tersalurnya bantuan tunai ini, masyarakat dapat segera menggunakan untuk membeli kebutuhan pokok. Selain itu kata Suharto, pihaknya mengedukasi warga agar uangnya dibelikan sembako, sayur dan buah buahan agar lebih bermanfaat.

Baca Juga :  Penerangan Listrik PLN di Kepulauan "Kalia"Jadi Target Ibrahim Hiola Awal Menjabat Kades

Dibandingkan penyaluran BSPT sebelumnya, penyaluran bansos kali ini dilakukan secara teliti sesuai data penerima. “Petugas akan melakukan pencocokan NIK KTP dengan undangan yang diterima KPM,”sebutnya.

Ini yang membedakan dengan penyaluran sebelumnya, jadi selain penyaluran dana BSPT, Kemensos juga melakukan pemutahiran data dilakukan oleh petugas PT Pos Indonesia melalui data dari pemerintah desa.

Terkait penerima bantuan sosial (Bansos), Sekcam Luwuk Timur Ramlan Kamin mengarahkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk menyertakan surat keterangan vaksin dalam proses pencairan dana bansos.

“Jika ada yang belum divaksin maka langsung diarahkan ke Puskemas Hunduhon untuk segera divaksin,” paparnya.

Semua itu dilakukan agar masyarakat Luwuk Timur bisa memperhatikan betapa pentingnya peran masyarakat mendukung program vaksinasi dan mensukseskan program pemerintah daerah dalam pemberantasan covid 19.

Baca Juga :  Ketua PGRI Luwuk Timur Matangkan Persiapan Jelang Kunjungan Bupati Banggai

Eni Ndolu, salah satu penerima bansos, warga Desa Indang Sari, Kecamatan Luwuk Timur, mengaku bantuan ini akan dibelanjakan untuk kebutuhan sehari hari. “Uang ini akan saya belikan beras, sayur dan lauk serta kebutuhan pangan lainnya,” ucanya.

Diakuinya bantuan ini sangat membantu meringankan kebutuhan pangan kami. “Terima kasih kepada pemerintah dan dinas terkait untuk bantuan ini,” tambahnya.

Pantauan awak media penyaluran BSPT dilakukan sesuai prokes covid, bertempat di parkiran Kantor Camat Luwuk Timur, turut dihadiri Sekcam, pendamping TKSK Luwuk Timur, petugas pencairan dana Bansos dari PT Pos Indonesia dan 487 Kelompok Penerima Manfaat (KPM).*

(ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!