Pemda BanggaiUncategorized

Bimtek Smart City, Disesuaikan Dengan Substansi RPJMD Tahun 2021-2026

Zulkifly Mangantjo
816
×

Bimtek Smart City, Disesuaikan Dengan Substansi RPJMD Tahun 2021-2026

Sebarkan artikel ini
Bimtek Smart City
Hari kedua bimbingan teknis (bimtek) penyusunan master plan (smart city) oleh tim pendamping Kemenkominfo RI.

Dimana masing – masing item smart city, dibahas oleh kelompok kerja (pokja) yang terdiri dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan tugas dan fungsi instansi masing – masing.

Sebelum masing – masing pokja merancang strategi smart city yang disesuaikan dengan rincian program yang ada pada RPJMD Kabupaten Banggai Tahun 2021-2026. Terlebih dahulu, sekretaris Bappeda Litbang, memaparkan draft mereka yang berisi kesesuaian item smart city dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai.

Penjelasan Abdullah Djafar, S.Sos, ME, misi pertama, “membangun sumber daya manusia produktif, dan sejahtera merupakan bagian dari smart environment dan smart people. Misi kedua sesuai dengan smart ekonomi, misi ketiga dan keempat smart living . Misi kelima smart branding dan misi terakhir merupakan perwujudan dari smart governance.

“Masing-masing OPD akan menafsirkan visi misi tersebut dengan tentunya disertai dengan pemanfaatan teknologi dan sistem kerja yang berbasis digital,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Banggai Rayakan HUT Kecamatan Toili ke 27, Turut Sumbang Rp 10 Juta Pembangunan Gereja

Terkait penerapan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan pemerintah, Pemkab Banggai telah berhasil merancang dan menjalankan aplikasi yang membantu kinerja pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien.

Untuk mencapai smart environment, Pemkab Banggai telah memiliki aplikasi mompotau stunting, imbo sikolah, ambulance dering dan tumis ikan teri.

“Di bidang smart governance sendiri kita telah menggunakan aplikasi E-Sakip dan E-Kinerja,” tandasnya.

Hasil pembahasan program oleh masing-masing pokja akan diberikan kepada tim pendamping dari Kementrian Komunikasi Dan Informatika (Kemenkominfo) RI untuk mereka petakan kembali dan selanjutnya digunakan untuk menyusun dokumen master plan smart city.*

Baca Juga :  Turunkan Prevalensi Sunting Dinkes Banggai Dorong Gerakan Minum TTB Bagi Remaja Putri

(zl/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!