Peristiwa

Kompolnas Tanggapi Dugaan Pelecehan Wartawan Oleh Dirlantas Polda Sulteng

Zulkifly Mangantjo
104
×

Kompolnas Tanggapi Dugaan Pelecehan Wartawan Oleh Dirlantas Polda Sulteng

Sebarkan artikel ini
Pelecehan
Kompolnas Poengky Indarty. (foto : ist)

BANGGAI — Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti menanggapi dugaan pelecehan wartawan SCTV oleh Dirlantas Polda Sulteng di Kota Palu.

Hal tersebut di sampaikan Wakil Ketua Bidang Hukum dan Pembelaan Wartawan PWI Sulteng Udin Salim kepada Dikte NewsKamis (18/7). “Kompolnas sangat menyayangkan, jika benar Dirlantas Polda Sulteng menolak diwawancarai jurnalis, hanya karena wawancara menggunakan handphone,” katanya dihubungi dari Palu pada Kamis.

Dia menegaskan Kompolnas akan melakukan klarifikasi ke Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) terkait hal ini. Lanjut dia, jurnalis dan media adalah mitra Polri, oleh karena itu harus saling menghormati dan mendukung. “Masing-masing pihak untuk saling memahami, agar dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik,” pesannya.

Dia menyarankan jika ada kesalahpahaman atau ada hal-hal yang dinilai dapat menimbulkan sakit hati, alangkah baiknya kedua belah pihak untuk saling bertemu dan meminta maaf. Dia berharap permasalahan akan dapat diselesaikan dengan baik.

Baca Juga :  Camat Buhari dan Lurah Kadir Bersama TNI Polri Turun Langsung ke Lokasi Banjir Kalaka Bunta Banggai

Polda Sulteng merupakan salah satu institusi yang mendapatkan apresiasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Piagam Penghargaan diterima langsung oleh Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho dalam Acara Malam Penganugerahan Kompolnas Award 2024 yang diserahkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Rabu (17/7).

Kronologis

Sebelumnya, insiden ini bermula ketika Syamsuddin Tobone, yang merupakan Kepala Biro SCTV Palu, hendak melakukan wawancara dengan Kombes Pol Dodi Darjanto di Tugu 0 Kilometer, Palu. dalam rangka meliput hasil operasi patuh Tinombala 2024 pada hari pertama.

“Saya sudah janji wawancara sejak kemarin melalui ajudannya. Setelah salam dan kenalan, saya mau mulai merekam. Dia langsung berkata, kenapa merekam wawancara pakai HP ? Saya tidak mau. Masak wawancara pakai HP, HP merek Cina lagi. Suruh direkturmu belikan HP yang canggih,” ujar Syamsuddin.

Sementara itu Dodi Darjanto, dalam permintaan maafnya yang disampaikan pada Kamis (18/7), di hadapan sejumlah jurnalis Sulteng dan perwakilan empat organisasi pers, yaitu IJTI Sulteng, AJI Palu, PFI Palu, dan AMSI Sulteng, mengakui bahwa tindakannya adalah kekhilafan yang dilakukan tanpa unsur kesengajaan.

Baca Juga :  Tabrakan di Poros Jalan Desa Buon Mandiri, Satlantas Evakuasi Korban Meninggal

“Apa yang saya lakukan khilaf, tidak ada maksud apa-apa. Intinya saya itu sekedar bercanda saja tapi kejadiannya jadi seperti ini. Tidak ada maksud apa-apa Pak,” tutur Dodi Darjanto.

Permohonan Maaf

Meski permohonan maaf telah disampaikan dan diterima oleh jurnalis Sulteng untuk menjaga hubungan kerja antara jurnalis dan Polda Sulteng, IJTI Sulteng, AJI Palu, PFI Palu, dan AMSI Sulteng, yang tergabung dalam Komunitas Roemah Jurnalis, tetap menuntut adanya tindakan tegas dari pimpinan Polri atas sikap Dirlantas Polda Sulteng yang dianggap sebagai kekerasan verbal dan harus disikapi secara serius.*

(zuma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!