Pemda Banggai

Dinkop Dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan Berbasis E-Commerece

Zulkifly Mangantjo
522
×

Dinkop Dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan Berbasis E-Commerece

Sebarkan artikel ini

LUWUK — Mewakili Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, Staf ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pengembangan Kawasan Wilayah Setda Kabupaten Banggai Rudi Purwana K Bullah, S,Sos membuka kegiatan pelatihan kewirausahaan.

Pelatihan kewirausahaan oleh Dinas Koperasi Dan UKM bertempat disalah satu hotel di Luwuk, Selasa 7 Juni 2022. Mengusung tema “Strategi Jitu Optimalisasi Digital Marketing Bagi UMKM Dan Mewujudkan Koperasi Yang Kuat, Sehat, Tangguh, Dan Berdaya Saing Sesuai Jati Diri Koperasi”.

Penyampaian Bupati Banggai melalui Staf ahli Bidang Ekonomi Dan Pengembangan Kawasan Wilayah Setda Banggai, Rudi PK Bullah menghaturkan permohonan maaf dan salam hormat Bupati Banggai Amirudin karena tidak sempat hadir dalam acara ini.

“Berhubung masih melaksanakan tugas yang tidak kalah pentingnya dengan kegiatan ini, sehingga beliau mewakilkan kepada kami untuk menyampaikan sambutan tertulis,” ujarnya.

Dirinya mengapresiasi pelatihan yang di adakan ini. Sebab dilaksanakan pada saat yang tepat, dimana era digitalisasi sedang mengalami perkembangan dan membutuhkan perhatian serius dari pemerintah, E-COMMERCE (Perdagangan Melalui Internet)

Baca Juga :  Awali Tahun 2024 Disperkimtan Banggai Realisasikan Rumah Layak Huni Korban Banjir Tahun 2022, Bupati Amirudin : Ini Menjadi Tanggung Jawab Kami

“Merubah semua kegiatan marketing sekaligus memangkas biaya operasional untuk kegiatan bisnis dan juga promosi, dengan memanfaatkan E-Commerce,” ucapnya.

Para pebisnis dapat membuka terus usahanya selama 24 Jam secara terus menerus, tentunya menjangkau pasar global yang tidak terbatas dan memungkinkan melakukan promosi yang efektif dan murah atau bahkan gratis. Sehingganya Pemerintah Kabupaten Banggai melihat kendala dilapangan bahwasannya tidak semua pelaku usaha mengerti akan E-Commerce ini.

Olehnya itu dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif serta masuknya era globalisasi dan MEA, pengembangan sumber daya manusia masyarakat koperasi dan UKM menjadi salah satu skala prioritas yang secara konsisten terus di lakukan oleh pemerintah. “Karena sektor ini bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional, dan Pemerintah Kabupaten Banggai sangat fokus dan konsisten serta terus menerus untuk menumbuh kembangkan Koperasi Dan UKM. “Jangan sampai kita tertinggal dengan daerah maju yang lain,” jelasnya.

Dirinya berharap kegiatan ini, akan lebih memberikan warna tersendiri dalam meningkatkan wawasan sekaligus memajukan segala sektor itu sendiri. Pesanya pada seluruh peserta, jadikan moment ini sebagai wadah untuk menyatukan pandangan kita terhadap kemajuan bidang teknologi informasi yang di pandang dari semua sisi.

Baca Juga :  Pembaretan 78 Anggota Baru Pol PP, Bupati Banggai : Jalankan Tugas Sebagai Pilar Ketertiban dan Pelayan Masyarakat

Pada pengurus dan pengawas koperasi dapat melaksanakan tugasnya untuk menghindari penyalagunaan atau penyelewengan terhadap administrasi keuangan koperasi.

“Saya melihat dan mengamati permasalahan yang di hadapi koperasi saat ini adalah kemampuan teknis dan kemampuan manajerial untuk pengelolaan koperasi termasuk di dalamnya pencatatan dan pembukuan yang tidak sesuai dengan standar akuntansi keuangan koperasi” terangnya.

Semoga kegiatan ini, dapat membuat terobosan baru melalui pemikiran yang inovatif dan kreatif, sehingga kedepan akan lebih memberi peran dalam memajukan dan meningkatkan Koperasi dan UKM melalui teknologi informasi di daerah yang kita cintai ini.

Dilanjutkan dengan penyematan secara simbolis tanda peserta dan penyerahan materi serta ATK, oleh yang mewakili Bupati Banggai pada peserta pelatihan.*

(zl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!