BeritaPolitik

Menurut JSI : 3 Faktor Kemenangan AT-FM di Pilkada Banggai 2020

Zulkifly Mangantjo
703
×

Menurut JSI : 3 Faktor Kemenangan AT-FM di Pilkada Banggai 2020

Sebarkan artikel ini

LUWUK, DIKTENEWS.COM — Lembaga survei dan konsultan politik nasional Jaringan Suara Indonesia (JSI) menuturkan beberapa hal, yang menyebabkan pasangan H. Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili meraih kemenangan pada Pilkada Kabupaten Banggai 2020.

Hal ini berdasarkan analisis dari survei dan hitung cepat (quick count) yang digelar oleh JSI sebelumnya bertempat di sekretarit koalisi parpol pemenangan (AT-FM).

Konferensi pers hitung cepat (quick count) Jaringan Suara Indonesia (JSI) di sekretariat koalisi parpol (AT-FM) kompleks Luwuk Shopping Mall (LSM)
[foto : istimewa]

Manajer strategi dan operasional JSI, Nursandy Syam mengungkapkan tiga faktor kemenangan pasangan berakronim AT-FM melalui saluran telepon, Rabu (16/12/2020).

“Pertama, pesona kandidat. Kedua, politik identitas. Ketiga, migrasi suara,” kata Sandy sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, pesona AT-FM menjadi kekuatan yang memikat suara pemilih mayoritas H. Amiruddin Tamoreka hadir sebagai new comer (pendatang baru) yang menawarkan harapan banggai lebih baik.

Baca Juga :  Tekan Penyebaran COVID 19, Tim Gugus Tugas Lakukan Pengecekan Objek Keramaian

Success story sebagai pengusaha sukses, rendah hati dan memiliki kepedulian sosial tinggi merupakan nilai-nilai kepribadian yang disukai mayoritas warga pemilih. Magnet politiknya ikut diperkuat dengan keberadaan H.Furqanuddin Masulili yang kaya pengalaman dalam pemerintahan.

Kemudian pengaruh politik identitas. Pasangan AT-FM merupakan putra daerah yang religius. Kombinasi pasangan itu saling melengkapi secara geopolitik. H.Amirudin Tamoreka mewakili dapil IV dan H.Furqanuddin dari dapil II. Hal itu terlihat dari signifikannya dukungan suara AT-FM dari Dapil II dan IV.

Paslon ini berdasarkan hitung cepat JSI berhasil menarik suara sebanyak 41,10 persen di dapil II dan 49,89 persen di dapil IV.

Terakhir terjadinya migrasi suara pada dua minggu sebelum Pilkada. Sandy menjelaskan, survei terakhir JSI menunjukkan terdapat 20,7 persen suara yang belum memutuskan. Saat itu elektabilitas AT-FM  30,9 persen. Sementara hasil quick count JSI pasangan AT-FM meraih 43,91 persen. Artinya pasangan AT-FM berhasil merebut suara mengambang secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh mesin partai dan jaringan relawan yang dimiliki pasangan AT-FM lebih solid dan militan dalam meyakinkan pemilih.

Baca Juga :  Ketum DPP KNPI Pusat Hadiri Pelantikan DPD KNPI Banggai

Sekedar diketahui, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Tahun 2020 telah dilaksanakan.

Pasangan Calon H.Amirudin Tamoreka – H.Furqanuddin Masulili berhasil keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara masing-masing pasangan calon nomor urut (1) 49.082 suara, nomor urut (2) 88.011 suara dan nomor urut (3) 64.361 suara.*

(zoel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!