Ditetapkan Kemenkeu Nilai IKPA Terbaik III di Sulteng, Polres Banggai Terima Penghargaan

  • Whatsapp

LUWUK,DIKTENEWS.COM — Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIK, MH, menerima sertifikat penghargaan untuk Satker dengan Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik III di Sulawesi Tengah Tahun 2020.

Penghargaan diberikan kepada Polres banggai untuk kategori Pagu diatas 10 Milyar dengan nilai 99,37 dan diserahkan langsung Heru Kutanto selaku Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tengah di Aula Rupatama, Mapolres Banggai, Kamis (8/4/2021).

Dalam sambutannya, AKBP Satria mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan dan tentunya akan menjadikan motivasi serta memperbaiki melakukan yang terbaik.

“Ini tidak bisa serta-merta tanpa adanya bimbingan dan asistensi dan rekan-rekan sekalian,” kata AKBP Satria

Orang pertama di Polres Banggai ini berharap penghargaan yang diberikan dapat menjadi pemicu bagi instansi-instansi lain agar bisa menjadi yang terbaik hingga pada posisi yang semaksimal mungkin.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas penghargaan ini,” sebut mantan Wakapolres Sidrap Polda Sulsel ini.

Terpisah, Dalam sambutannya, Heru Kutanto menyampaikan, bahwa penilaian IKPA yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan digunakan untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja pada Kementerian Negara ataupun lembaga.

“Dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efisien pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi,” ucapnya.

Selain itu, Heru Kutanto mengatakan juga bahwa sesuai arahan Presiden RI Jokowi Widodo bahwa fokus pelaksanaan anggaran saat ini bukan hanya realisasi anggaran tapi Spending Better, dan anggaran delivered bukan hanya sent.

“IKPA menjadi penilaian yang bersifat nasional dan lintas kementerian /Lembaga. Nilai IKPA satker yang baik mengindikasikan bahwa kinerja pengelolaan anggaran belanja pada satker tersebut baik,” kata Heru Kutanto.

Menurut Heru Kutanto, IKPA dikembangkan sebagai bagian dari upaya memperbaiki pengelolaan APBN untuk meningkatkan value for money dan dalam rangka peningkatan kinerja pencapaian output dan outcome. IKPA juga menjadi alat monitoring dan evaluasi yang merupakan bagian dari budget cycle.

“Karena nilai IKPA dapat menjadi indikasi permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan anggaran sekaligus dapat sebagai sarana mencari solusi permasalahan tersebut

Heru Kutanto menjelaskan, penghargaan ini merupakan wujud apresiasi dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai chief economics di daerah atas kinerja yang baik serta partisipasi seluruh jajaran Polres Banggai di bawah bimbingan AKBP Satria Adrie Vibrianto selaku Kapolres.

“Oleh karena itu Kementerian Keuangan melalui Kanwil DJPb Sulteng berpesan kepada Kapolres untuk berupaya secara terus menerus meningkatkan kinerja utamanya dalam hal perencanaan, efektivitas, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan yang ada, sampai pada pelaporan penggunaan anggaran,” tutupnya.*

Penulis [zoel/rls]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *