Program Pemberdayaan, Prioritas Utama Pemdes Boitan

  • Whatsapp

LUKTIM,DIKTENEWS.COM — Upaya Pemerintah Desa Boitan, Kecamatan Luwuk Timur dalam meningkatkan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik lagi merupakan prioritas utama.

Melalui program pemberdayaan meliputi pertanian, perkebunan dan infrastruktur menjadi unggulan skala prioritas hingga saat ini.

Kepala Desa Boitan Dahlan Lambause kepada awak media ini mengatakan melalui program ini, salah satu solusi mengatasi persoalan ekonomi masyarakat.

Ia mengakui sejak menjabat (kades), hingga saat ini pemberdayaan terus di tingkatkan. Meskipun ada beberapa program, namun pemberdayaan menjadi fokus utama pemerintah desa.

Beberapa tahun terakhir ini, sejak berjalanya program tersebut kata dia, telah banyak perubahan yang terjadi pada masyarakat.

“Angka pengangguran dan kenakalan remaja menurun dampak ekonomi masyarakat berangsur membaik,” ungkapnya.

Sejauh ini persoalan ekonomi masyarakat sedikit demi sedikit telah membawa perubahan signifikan didesa ini sambungnya.

Semangat dan ketekunan mereka mengelolah sektor perkebunan dan peternakan yang di berikan pemerintah desa sangat tidak sia sia.

“Rata rata pendapatan masyarakat setiap tahun berkisar 18 sampai 20 juta.” ujarnya.

Sehinggahnya setiap tahun program pemberdayaan terus di prioritaskan. Untuk anggaran tahun 2021, dialokasikan Dana Desa (DD) sebesar Rp 250 juta untuk tiga item kegiatan.

“Ya untuk tahun ini kami alokasikan Dana Desa (DD) sebesar 250 juta. Bidang perternakan Rp 100 juta, pertanian Rp 50 juta dan infrastruktur Rp 100 juta.” sebutnya.

Dia menambahkan dana tersebut di berikan langsung kepada masyarakat sebagai tim pengelolah kegiatan (TPK). Pemerintah Desa dan BPD hanya mengawasi jalannya program tersebut.*

(tr-02/py)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *