Daerah

Kondisi Puskesmas Bunta Sangat Memprihatinkan

Zulkifly Mangantjo
740
×

Kondisi Puskesmas Bunta Sangat Memprihatinkan

Sebarkan artikel ini
Kondisi Puskesmas Bunta (foto/zulkifly)

Bunta.DikteNews.Com – Sungguh sangat memprihatinkan kondisi Puskesmas Bunta, Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai.

Sebagai puskesmas rujukan empat puskesmas yakni Nuhon, Simpang Raya, Saiti dan Toima. Kondisi ini jauh dari ekpektasi.

Hal tersebut di katakan Kepala Puskesmas Bunta, I Nyoman Widana, SKM, saat di temui awak media di ruang kerjanya, Senin 10 Januari 2022. Dirinya yang belum lama ini bertugas sebagai kepala puskesmas menggantikan kapus sebelumnya dr. Viermont Pakaya.

Dirinya tak menampik mendapati kondisi puskesmas saat ini. Nyoman sapaan akrabnya lalu mengajak awak media ini, melihat langsung seluruh ruangan dan bangunan puskesmas, mengitari luar dan dalam ruangan.

Nampak atap plafon rusak dan bocor, atap seng sisi bangunan puskesmas terlihat penyot, kamar mandi /wc disemua ruangan tidak terawat lagi dan air tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Tokoh Masyarakat Bunta Husain Mihari Dukung Kejati Sulteng Terkait Kasus Hukum PT ANI

Tidak hanya itu tiang penyangga dilorong puskesmas, dari ruang UGD menuju ruang perawatan dan ruangan yang lain, nampak sudah rapuh, ada juga yang sudah patah. Sementara dinding pada sisi bangunan puskesmas terlihat sudah usang dengan kondisi cat terkelupas dan berjamur.  

Mirisnya lagi ruang perawatan pasien, ada yang tidak memiliki kasur, ada pula kasur yang tidak layak digunakan pasien. Sementara saklar lampu di ruangan banyak yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

Belum lagi aliran listrik yang tidak lagi berfungsi, seperti di ruangan kepala puskesmas dan beberapa ruangan lain, sehingga malam hari kondisi menjadi gelap gulita.

I Nyoman Widana sapaan akrab (Nyoman) mengakui kondisi ini tentunya akan berdampak pada pelayanan yang ada di Puskesmas Bunta,

Baca Juga :  Kapolres Banggai Pimpin Sertijab PJU Dan Kapolsek Jajaran Polres Banggai

“Bisa jadi ini, penyebab pasien enggan berobat ke puskesmas, ditambah lagi pelayanan yang perlu dibenahi,” terangnya.

Diakuinya, pelayanan kesehatan pada masyarakat sangat penting untuk di benahi agar pasien mendapat hak kesehatanya dengan baik dan nyaman. “Masyarakat datang ke pusekesmas untuk mendapat hak kesehatanya,” paparnya.

Terkait kondisi yang ada di Puskesmas Bunta, dirinya akan menyampaikan langsung pada Bupati Banggai selaku pimpinan kami, dan juga kepala pemerintahan daerah ini.

Ia juga mengharapkan dukungan dan kerjasama masyarakat serta seluruh pihak dalam hal pelayanan kesehatan agar jauh lebih baik lagi kedepan, sebagaimana harapan Bupati dan Wakil Bupati Banggai, “Saran dan masukan sangat kami butuhkan agar pelayanan kami jauh lebih baik lagi kedepan, “pungkasnya.*

(zl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!