banner 728x250
Daerah  

Wagub Sulteng : Jadikan Perpustakaan Wahana Belajar Sepanjang Hayat Long Life Education

banner 120x600

LUWUK — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai Ir. Abdullah, M.Si mengahdiri rapat koordinasi teknis bidang Perpustakaan dan Kearsipan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022.

Rakor berlangsung di pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Banggai Kepulauan, Selasa 7 Juni 2022. Rakor tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan MoU dan nota kesepahaman antara Kepala Perpustakaan Nasional RI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten.

Dan juga pengukuhan bunda leterasi, louncing layanan keanggotaan terintegrasi dengan Perpustakaan Nasional RI, dan penyerahan salinan arsip kerajaan Banggai oleh Kepala Kearsipan Nasional.

Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Ma,Mun Amir dalam sambutanya membuka kegiatan. Bahwa strategi pengembangan perpustakaan dan arsip, untuk memperkuat peranan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul sesuai dengan visi misi Gubernur Sulawesi Tengah “Gerak Cepat menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera Dan Lebih Maju” melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Baca Juga :  Kasat Samapta Polres Banggai Ganti Helm Warga Yang Hilang Usai Di Vaksin

“Serta fungsi perpustakaan agar tidak hanya sekedar tempat penyimpanan dan peminjaman buku tetapi menjadi wahana pembelajaran sepanjang hayat (long life education) dan pemberdayaan masyarakat serta kreatif, inovatif, berbudaya baca” ujarnya.

Ia berharap, ini dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap peningkatan kualitas SDM. “Melalui rakor ini dapat melahirkan suatu gagasan dan rumusan yang nantinya dapat menjadi bahan acuan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah melalui program dan kegiatan pembangunan bidang perpustakaan dan kearsipan yang lebih aplikatif dan implementatif,” sebutnya.

Ini dapat diterapkan di semua OPD baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota, guna terwujudnya pembangunan Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju melalui bidang perpustakaan dan kearsipan.

Mengusung tema Transformasi Perpustakaan dan Kearsipan Untuk Mewujudkan Ekosistem Digital di Daerah. Kegiatan itu dihadiri Kepala Kearsipan Nasional beserta rombongan, Bupati Se -Sulteng atau yang mewakili, Dinas Kearsipan Se-Sulteng, Unsur Forkopinda Banggai Kepulauan, Pimpinan OPD Kabupaten Bangkep, Ibu Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Banggai, dan instansi yang sempat yang hadir.*

Baca Juga :  Kemendagri Hibahkan 1 Unit Mobil Damkar Untuk Pemda Banggai

(zl)

error: Content is protected !!