Info Kecamatan

Tradisi Yang Terus Terjaga di Setiap Perayaan Idul Fitri di Bunta

Zulkifly Mangantjo
518
×

Tradisi Yang Terus Terjaga di Setiap Perayaan Idul Fitri di Bunta

Sebarkan artikel ini
Rombongan
Para rombongan saat mengunjungi rumah jabatan camat bunta pada momen lebaran idul fitri. (foto : zoel/diktenews)

BANGGAI — Silaturahmi ke rumah warga menjadi tradisi setiap perayaan idul fitri di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai.

Silaturahmi yang di lakukan oleh para rombongan menjadi rutinitas tahunan setiap idul fitri dan sudah berlangsung lama.

Umumnya kunjungan ke rumah warga oleh para rombongan ini di lakukan, usai pelaksanaan sholat id. Rombongan biasanya terdiri dari unsur forkopimcam, pengurus mesjid, pengurus PHBI, tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga warga.

Seperti pada perayaan idul fitri 1445 Hijriah tahun ini, Rabu 10 April 2024. Usai melaksanakan sholat idul fitri di Mesjid Al Ikhlas Bunta, Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai.

Baca Juga :  Cakades Aco Banjir Dukungan Prediksi Warga Rajai Pilkades Bella

Rombongan melanjutkan silaturahmi mengunjungi rumah warga. Biasanya rumah yang di kunjungi, adalah rumah warga yang ikut dalam rombongan.

Namun begitu, ada juga warga yang meminta para rombongan untuk singgah di rumah mereka. Dari sekian rumah yang di kunjungi, salah satunya adalah rumah jabatan (rujab) Camat Bunta Buhari Malihat yang memimpin rombongan.

Selain rujab Camat Bunta, rumah dinas Danramil Bunta juga menjadi tujuan para rombongan dan beberapa rumah para tokoh termasuk kediaman pejabat publik.

Baca Juga :  Satu Atlet Voli Asal SMA I Bunta, Wakili Banggai Pada Ajang POPDA di Morowali

Menariknya para rombongan ini melakukan dengan berjalan kaki beramai ramai mengunjungi rumah ke rumah. Suasana penuh keakraban dan rasa persaudaraan terus terjalin dalam momen tersebut.

Terlebih dalam suasana lebaran, saling bermaafan maafan antar satu dan lainya menjadi perekat hubungan persaudaraan dan terus terjaga hubungan baik dengan penuh rasa kekeluargaan.

Tradisi yang menjadi rutinitas di setiap perayaan idul fitri, menjadi sebuah budaya meningkatkan hubungan silaturahim antar sesama dan memupuk rasa persaudaraan dan persatuan khusunya sesama umat muslim.*

(zuma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!