Pemda Banggai

Bupati Amirudin dan Wabup Furqanuddin Resmi Membuka Festival Pandanga dan Kintom Expo 2024

Zulkifly Mangantjo
104
×

Bupati Amirudin dan Wabup Furqanuddin Resmi Membuka Festival Pandanga dan Kintom Expo 2024

Sebarkan artikel ini
Kintom
Bupati bersama wabup membuka resmi festival pandanga dan kintom expo. (foto dkisp)

BANGGAI — Memperingati Hari Ulang Tahun Kecamatan Kintom ke-63, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka bersama Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili, resmi membuka acara Festival Pandanga dan Kintom Expo Tahun 2024.

Mengusung tema “Melalui Festival Pandanga Kita Kuatkan Kearifan Budaya dan Mengintegrasikan Nilai Lingkungan dalam Warisan Budaya Lokal” acara pembukaan ini berlangsung meriah di Lapangan Sintoka, Desa Dimpalon Baru, Kamis (23/5).

Festival Pandanga dan Kintom Expo merupakan acara tahunan yang selalu dinantikan oleh masyarakat Kecamatan Kintom. Tahun ini, acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti pameran produk lokal, pertunjukan seni dan budaya, serta berbagai lomba melibatkan partisipasi masyarakat setempat.

Bupati Amirudin menyampaikan bahwa ini merupakan festival adat istiadat Kecamatan Kintom. “Ini terus kita kembangkan, kita pertahankan, karena sekarang budaya-budaya ini terus diangkat baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional, bahkan tingkat internasional,” ujar Bupati Banggai.

Baca Juga :  26 Ribu Ketupat Dan Menu Khas Lebaran Disajikan Dalam Halal Bi Halal Digelar Pemda Banggai

Lanjutnya Alhamdulillah Kabupaten Banggai mendapatkan piagam penghargaan terhadap pemeliharaan bahasa daerah. “Oleh sebab itu anak-anak kita terus diajarkan bahasa daerah, yang bahasa saluan tetap berbahasa saluan, yang bahasa balantak tetap bahasa balantak, yang banggai tetap banggai dan yang terakhir adalah bahasa andio,” ucapnya.

Menurutnya, Expo Kintom ini adalah menampilkan segala macam bentuk yang ada di desa. Harapanya melalui kegiatan ini agar dapat dimanfaatkan dengan baik.
“Gunakan kesempatan melalui expo ini, sehingga ada produk yang bisa kita tampilkan untuk dapat menambah pendapatan di Kecamatan Kintom,” terangnya.

Pada moment itu, Bupati Amirudin menyerahkan bantuan pada kelompok tani Desa Dimpalon, Dimpalon Baru dan Desa Babang Buyangge berupa alat bantu pertanian.

Baca Juga :  Berkah Ramadhan Bupati Amirudin Umrohkan Imam Mesjid Al-Ikhlas Bunta dan Bantu Mesjid Rp 400 Juta

Bantuan tersebut bentuk dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan para petani di Kecamatan Kintom.

Beliau berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani, karena pertanian merupakan salah satu sektor penting yang harus didukung bersama.

Pembukaan Festival Pandanga dan Kintom Expo 2024 ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pejabat daerah. Acara berlangsung dengan meriah dan penuh semangat, mencerminkan kekayaan budaya dan potensi yang dimiliki Kecamatan Kintom.

Dengan dibukanya Festival Pandanga dan Kintom Expo 2024, diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus mengembangkan dan mempromosikan potensi lokal serta mempererat silaturahmi antar warga, sehingga Kecamatan Kintom dapat terus berkembang dan maju di masa depan.*

(zuma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!