Pemda Banggai

Tingkatkan Sektor Perikanan, BRIDA Banggai Studi ZPPI ke BRIN

Zulkifly Mangantjo
174
×

Tingkatkan Sektor Perikanan, BRIDA Banggai Studi ZPPI ke BRIN

Sebarkan artikel ini
BRIDA
Tinkatkan pembangunan daerah sektor periksa brida kabupaten banggai studi zppi. (foto : dkisp banggai)

BANGGAI — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Banggai mengadakan Studi Penerapan Pemanfaatan Data Citra Satelit Penginderaan Jauh ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Senin (3/6/2024).

Kegiatan kunjungan ini diterima langsung Tim Layanan Data Citra Satelit Penginderaan Jauh, bertempat di Gedung Pusbindiklat, Ruang E Lantai 2, KST Soekarno, Cibinong, Bogor.

Dalam kunjungan tersebut, Pemkab Banggai bertujuan untuk mempelajari dan menerapkan teknologi penginderaan jauh dalam berbagai sektor pembangunan daerah, terutama sektor perikanan.

Baca Juga :  Kadis Kominfo Banggai Hadiri Rakor Kesiapan Digital Untuk Wilayah Pembangunan BTS dan AI

Periset dari Pusat Riset Geoinformatika BRIN, Teguh Prayogo memaparkan beberapa materi yakni, pemanfaatan Citra Satelit Penginderaan Jauh dan Informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) untuk mendukung perikanan tangkap Kabupaten Banggai, juga potensi kolaborasi Risnov Pemanfaatan dan Model ZPPI.

“Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) merupakan lokasi yang diduga sebagai daerah potensi penangkapan ikan yang didasarkan pada hasil deteksi fron/gradien (gradien horisontal suhu ≥ 0,5 °C/3 km),” tutur Teguh Prayogo.

Baca Juga :  BRIDA Banggai Webinar Bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional RI, Wujud Percepatan Pencapaian Misi Pemda

Lanjutnya, ZPPI yang dimaksud adalah zona potensi penangkapan ikan pelagis secara umum pada kolom perairan dan dekat permukaan laut, dan belum mengacu pada satu jenis spesies tertentu.

“Sistem ini digagas oleh Gubernur Rusli Habibie, menurutnya nelayan saat melaut masih memperhatikan banyak hal termasuk yang berhubungan dengan mitos, dilakukan secara alami dan perkiraan semata,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!